Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan

Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan

Media Kesehatan - Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan. Sebenaranya untuk menjaga kesehatan ibu hamil itu tidaklah sulit untuk di lakukan, namun jika seorang ibu hamil mengabaikan akan selalu menjaga kesehatan kehamilanya itu yang bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Setiap orang ketia sedang mengandung tentunya mempunyai cara terntu untuk selalu menjaga kesehatan kehamilanya, ibu hamil pada umunya sangat rentan terkena masalah kesehatan dari mulai lingkungan hidup, gaya hidu, pola makan yang tidak terartur, hingga dari pengaruh cuaca dan virus pada sekitar tempat tinggalnya. Namun faktanya masih banyak ibu hamil yang tetap sehat hingga sampai masa kelahiran tiba, dan berikut adalah Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan.

Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan

Begitu banyak cara untuk menjaga kehamilan tetap sehat hingga masa kelahiran tiba, hal ini di lakukan supaya si jabang bayi lahir dengan selamat, maka semua ibu hamil mengharapkan yang sama akan kesehatan bayi dan dirinya. Menjaga kehamilan tetap sehat juga bisa di jadikan usaha untuk mengurangi besarnya resiko keguguran yang telah di alami para ibu hamil. Untuk menjaga kehamilan tetap sehat, bisa di mulai dengan rajin mencuci rambut, melakukan pijatan ringan, olahrag ringan atau senam hamil dan berusaha untuk menjauh dengan bahan - bahan yang berbau kimia. Hal ini perlu di lakukan agar ibu hamil tetap menghirup udara segar, dan bisa selalu menjaga kesehatan ibu hamil tetap sehat dan segar. Selain itu ibu hamil juga harus selalu menjaga kesehatan mulut, tangan, dan organ tubuh lainya agar tetap bersih dan sehat, hal ini bertujuan bilamana ibu hamil mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut sehingga bisa mempengaruhi napsu makan yang bisa menghambat pertumbuhan dan kesehatan jani pada masa kehamilan.
Dan yang harus sering di perhatikan adalah selalu mengkonsumsi makan dan minman yang bergizi yang di butuhkan akan pertumbhan dan kesehatan janin pada masa kehamilan hingga proses masa kelahiran tiba.

Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan

1. Kalsium dan vitamin D
Kandungan kalsium yang terdapat di beberapa menu makananan sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kalsium akan dibutuhkan oleh ibu hamil di awal pemebentukan tulang dan gigi. Dengan kalsium yang cukup maka ibu hamil akan terhindar dari osteoporosis, sehingga mengurangi risiko terjadinya kalsium yang diambil dati tulang.Anda dapat mengkonsumsi susu di bulan ke 5 kehamilan tanpa merasakan morning sickness karena pada bulan ke 5 kehamilan sudah ibu hamil tidak mengeluhkan mual dan muntah. Selain kalsium, lengkapi dengan vitamin D yang akan membantu dalam penyerapan kalsium secara maksimal. Vitamin D bisa didapatkan dari susu, hati ikan atau kuning telur.
2. Omega 3
Konsumsi juga omega 3 yang akan mendukung perkembangan otak sehingga dapat menunjang janin selama di dalam kandungan. Omega 3 bisa anda dapatkan di berbagai macam bahan makanan seperti ikan salmon, makarel, sardin, telur, sayuran hijau atau kacang kedelai. Anda dapat mempersiapkan kecukupan omega 3 dari bulan ke 1 kehamilan anda.
3. Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi untuk penglihatan, pertumbuhan kulit dan tulang. Selain itu vitamin A memiliki fungsi dalam menunjang pertumbuhan janin dan untuk imunitas pada bayi. Konsumsi vitamin A dengan jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Anda dapat mendapatkan vitamin A dari bahan makanan seperti wortel, bayam, tomat pepaya, apel atau buah naga.
4. Zat Besi dan vitamin C
Anda dapat mengkonsumsi zat besi yang terdapat di dalam daging, ikan atau hati. Zat besi memiliki fungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga mengurangi resiko terkena anemia. Lengkapi pula dengan vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi dan membnatu untuk melindungi jaringan dan membantu anda memberikan antioksidan.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam postingan Tips Makanan Kesehatan Ibu Hamil Usia 5 Bulan ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan postingan ini, Saya banyak berharap kepada para teman - teman yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya postingan ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat. Aamiin