Tips Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Tips Kesehatan Gigi Ibu Hamil

Media Kesahatan - Selamat datang Medkesh lover, menjaga kesehatan tubuh adalah sebuah keharusan bagi semua orang, sehat itu mahal, terutama bagi wanita, wanita yang mempunyai banyak sekali aktifitas di setiap harinya, apalagi wanita yang sudah berumahtangga tentunya akan mempunyai banyak kesibukan, lelah capek pikiran, capek fisik sudahlah menjadi hal biasa, dengan adanya kesibukan yang begitu padat, sehingga kurang memperhatikan akan kesehatanya sendiri, sebenaranya begitu banyak tips kesehatan gigi bagi ibu hamil, lalu bagaimana kah caranya?

Medkesh lover, pada umumnya semua orang, baik wanita ataupun pria mempunyai masalah kesehatan yang beragam, apalagi di saat usia mulai menua, namun faktnya bagi orang yang rajin menjaga kesehatan hal tersebut bukanlah menjadi sebuah alasan masalah kesehatan,  sehinga membuat dirinya tetap sehat bugar bisa mengerjakan aktifitasnya sehari - hari. Pada kali ini saya akan berbagi tips kesehatan gigi wanita hamil, yang saya rekomendasikan untuk seluruh wanita di indonesia agar sadar akan kesehatan tubuhnya. Berikut adalah tips kesehatan gigi ibu hamil :

Alasan Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi

Selau merawat kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil adalah yang harus di perhatikan dan di tanggapi dengan serius, bahkan menjaga kesehatan gigi dan mulut lebih baik di lakukan sedini mungkin di saat menikah, hingga sebelum dan sesudah pada saat kehamilan. Hal ini bisa mempengaruhi kelangsungan kesehatan kandungan dan janin, lalu kenapa sebegitu pentingnya kesehatan gigi bagi ibu hamil, yuk kita simak ulasan saya di bawah ini :
  1. Asupan makanan yang bergizi - Wanita yang sedang mengandung tentunya, akan selalu membutuhkan kandungan yang bergizi demi menjaga kesehatan bayi yang berada di dalam kandungan, bila mana sang ibu mempunya masalah pada gigi dan mulut, dapat menimbulkan masalah ketika hendak mengunyah makanan yang di butuhkan asupan gizinya.
  2. Perubahan hormon estrogen dan progesteron - Pada ibu hamil akan terasa dampak perbuhan pada hormon estrogen dan progesteron yaitu bisa menimbulkan panas dalam, sariawan, dan sakit gigi, jadi bagi ibu yang tidak rajin gosok gigi dan membersihkan mulutunya, itu sangat bersiko masuknya kuman dan bakeri yang bisa menyebabkan masalah kesehatan gigi dan mulut.
  3. Pembengkakan gusi - Besarnya resiko pembengkakan gusi, seperti gusi berdarah dan panas dalam itu sangat berisiko akibat perubahn hormon pada tubu ibu hamil, biasanya terjadi benjolan merah kecil pada gusi - gusi gigi ibu hamil.
  4. Akibat adanya masalah kesehatan gigi - Sakit gigi bisa menyebabkan kurangnya isitirhat oleh ibu hamil, karena seorang wanita yang sedang mengandung, istirhat yang cukup itu sangat di butuhkan.
    Kondisi gigi yang caries yang bertamabah parah akibat penyerapan kandungan kalsium yang terjadi pada ibu yang sedang hamil
  5. Kondisi gigi yang rusak akan menimbulkan maslah - Asupan banyak kalsium yang di butuhkan bayi didalam kandungan akan terpengaruhi, sehingga menimbulkan masalah pada pertumbahanya.
  6. Hormon prostaglandin - Keadaan gigi yang rusak terlalu parah akan memicu dan merangsang hormon prostaglandin.

Solusi Maslah Kesehatan Gigi Ibu Hamil

  • Rajin lah menyikat gigi anda dengan cara yang benar, jangan sampai melukai gusi anda yang bisa menyebabka gusi berdarah, caranya, lakukan menyikat gigi dengan secara melingkar ke arah sela - sela gigi dengan hati - hati, menyikat gigi dengan arah kebawah dan ketas, selanjutnya dari bawah ketas.
  • Rutin menyikat gigi secara terartu, baik habis sesudah makan, dan yang terpenting sebelum tidur pada saat di malam hari.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan panas dalam, contohnya es, premen, cemilan, nasigoreng, gorengan, yang identik dengan minyak goreng, sebaiknya anda hindari, karena panas dalam bisa menyebabkan sakit gigi, dan pembekakan pada gusi, serta sariawan. Juga hindari makan yang bersifat keras, seperti cemilan dan yang lainya.
  • Tinggalkan kebiasan menusuk - nusuk gigi yang berlubang, apalagi menggunakan alat yang tidak steril bisa menimbulkan masalah lebih besar pada gigi anda, bila ternyata di temukan adanya gigi berlubang sebaiknya secepatnya di prisakan oleh doketer.
  • Perhatikan plak pada gigi - Jika ternyata sebelum menikah gigi anda terdapat plak atau kerak yang menempel dan sulit untuk di bersihkan, sebaiknya hubungi dokter untuk bisa membersihkan plak tersebut.
  • Gigi palsu - bila anda menggunakan gigi palsu sebaiknya jangan memasang gigi palsu yang permanent, karena akan sangat sulit untuk di bersihkan bagian dalam yang tertutpi gigi palsu, lepas gigi palsu pada saat akan tidur, jangan selalu ketergantungan pada gigi palsu, karena bisa menyebabkan kerusakan pada sela - sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi.
  • Hindari kebiasaan merok*k - Merok*k selain dapat mempengaruhi perkembang bayi dalam kandungan, nikotin yang menempel pada gigi aka mempengaruh kesehatan gigi anda.
  • Makan dan minum yang mengandung serat - Memilah makanan dan minuman yang berserat bisa mengurang resiko masalah gigi dan multu, seperti makan yang mengandung vitamin C dan buah - buhan yang berserat, seperti jeruk dan pepaya, itu sangat bagus untuk mengatas masalah kesehatan gigi ibu hamil.
  • Kebutuhan kalsium yang sesuai dengan saran dokter atau bidan - Saran akan asupan kalsium yang cukup sangat di perlukan oleh wanita yang sedang mengandung.
Itulah seputar tips kesehatan gigi ibu hamil semoga bermanfaat bagi para Medkesh lover, terimakasih.